Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 06:53:10

Stop! Bus Tak Laik Jalan Dilarang Angkut Penumpang

Stop! Bus Tak Laik Jalan Dilarang Angkut Penumpang
Ilustrasi

PANGKALAN BUN-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengelar pemeriksaan terhadap armada angkutan umum Bus serta mini bus (travel perjalanan) di terminal Natai Suka Pangkalan Bun, beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan yang dilakukan dalam upaya pelaksanaan angkutan umum penumpang menjelang dan sesudah lebaran yang aman tertib lancar dan selamat selama arus mudik dan arus balik Lebaran 1439 Hijriah, tahun 2018, terhadap angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) tersebut ditemukan Bus yang tidak layak jalan dengan kondisi ban yang sudah tipis.

Bus tak lanyak jalan tersebut, dilarang melanjutkan perjalaannya menuju ibu Kota Palangaka Raya, sebelum menganti ban dan ban cadangan.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah menuturkan, pihkanya ingin memastikan bahwa kelaikan moda transportasi angkutan darat berupa bus dan angkutan trevel perjalanan laianya layak digunakan untuk angkutan arus mudik Lebaran tahun 2018 kali ini. Dengan antisipasi penyebab kecelakaan melakukan cek baik dari segi kendaranan maupun kesehatan dari pengemudi.

"Kita lakukan pengecekan secara langsung mengenai kesiapan terutama kesiapan armada kelaikannya, serta kesiapan dari supir masing-masing, dengan dilakukan tes urine," ujar Ahmadi Riansyah.

Wabup menjelaskan, melalui kegitan pengecekan ini pihaknya ingin memastikan bahwa seluruh driver dan crew bebas dari narkoba dan obat obatan serta  minuman keras yang bisa menjadi pemicu serta faktor kecalakaan yang tidak dinginkan, terlebih saat ini musim arus mudik, yang mana jumlah penumpang sangat banyak dari pada hari-hari biasa, dengan tetap mengedepankan keselamatan nomor satu.

"Pemda Kobar juga meminta dukungan kepada masyarakat agar arus mudik lebaran tahun 2018 ini dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala dengan turut mensuksekan budaya tertib, serta mengedepankan keselamatan dalam berlalu lintas," jelasnya. (lan/ala/ctk/jun)

 


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Aug 18


Minggu, 19-08-2018 : 10:01:30
Pencuri Sarang Burung Walet Diringkus

KUALA KAPUAS – Pencurian sarang burung walet di Kelurahan Palingkau Lama Kecamatan Kapuas Murung akhirnya terungkap. Pelaku yaitu Juliansyah, warga Desa Palingkau Sejahtera.< ... Read More

Minggu, 19-08-2018 : 06:08:50
30 Warga Binaan Lapas Sampit Dapat Remisi Bebas

SAMPIT – Sebanyak 30 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Sampit benar-benar merasakan kemerdekaan di HUT ke-73 Kemerdekaan RI. Sebab, mereka mendapatkan rem ... Read More

Minggu, 19-08-2018 : 06:05:27
Setengah Hektare Lahan Tak Bertuan Terbakar

NANGA BULIK – Kebakaran lahan terjadi di kawasan Jalan 60 Alun-Alun, Nanga Bulik,  Kabupaten Lamandau, Jumat (17/8).

Lahan kosong yang berada tepat di kawasan ... Read More

Minggu, 19-08-2018 : 02:51:09
Karena Hal Ini, Bupati Berikan Apresiasi Kepada Polres Gumas

KUALA KURUN - Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Polres Gunung Mas mengadakan program bedah rumah, milik masyarakat tidak mampu di wilayah ... Read More