Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 04:41:57
Ketika Abrasi Tepian Sungai Kahayan Mulai Mengancam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam
Sebuah rumah kosong yang berada di Pinggir Sungai Kahayan ambruk akibat tanah longsor, Rabu dini hari (13/6). (HNI/KALTENG POS)

Rumah tua tak berpenghuni yang berada di pinggir Sungai Kahayan di kawasan Flamboyan, tiba-tiba ambruk ke dasar sungai. Tanah longsor di tepi sungai Kahayan perlu diwaspadai.

HANI, Palangka Raya

RABU (13/6) sekitar pukul 04.00 WIB, rumah kosong itu ambruk akibat pengikisan tanah pinggiran sungai, yang setiap waktu diterjang gelombang. Meski tidak ada korban jiwa, abrasi menyebabkan ambruknya bangunan tua ini perlu diwaspadai.

Untungnya, ambruknya rumah tak berpenghuni itu tidak menimpa rumah lanting di bawahnya. Namun, akibat kejadian itu, dua unit motor milik warga ikut tenggelam.

Peristiwa rumah ambruk ini sempat membuat warga sekitar heboh. Pasalnya, bunyi rumah ambruk ini terdengar hingga puluhan meter.

Dari informasi dihimpun, rumah kayu tersebut sudah beberapa tahun ditinggal kosong oleh pemiliknya. Rumah yang tidak berpenghuni ini dibiarkan dan tidak diurus, serta ditumbuhi rumput liar di sekitar rumah.

Karena tanah yang ada di pinggir bangunan mengalami longsor, maka bangunan rumah berukuran sekitar 8 x 10 meter ini ikut amblas ke dasar sungai. Ambruknya rumah tua ini, nyaris menimpa rumah lanting dan keramba milik warga yang berada di pinggir sungai.

“Nyaring (keras) mas bunyi runtuhnya. Peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba, sehingga tidak ada warga yang melihat secara langsung,” ujar Budi, warga Flamboyan Bawah sekitar lokasi kejadian. (hni/ce/abe)

 


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Aug 18


Minggu, 19-08-2018 : 05:19:24
Masyarakat Diminta Tidak Mengucilkan Keluarga Lud

PALANGKA RAYA – Kelanjutan penangkapan terduga radikalisme masih menyimpan sejuta tanda tanya. Seorang terduga paham radikalisme berinisial Lud, diamankan Densus 88 Antiteror ... Read More

Minggu, 19-08-2018 : 08:14:35
TERINDIKASI ! Izinnya Karaoke tapi Melayani Pria Hidung Belang

TAMIANG LAYANG - Dua lokalisasi di Barito Timur akan ditutup tahun 2019. Karena dua tempat yang izinnya hanya sebagai tempat karaoke itu, terindikasi membuka praktik melayani pria hidung belang ali ... Read More

Minggu, 19-08-2018 : 07:57:46
Kata KPU Kalteng, Belum Ada Laporan DCS Bermasalah

PALANGKA RAYA - Daftar Calon Sementara atau DCS seluruh bacaleg se-Kalteng telah diumumkan. Tentunya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten / kota dan provinsi meminta masyara ... Read More

Minggu, 19-08-2018 : 07:50:05
Lestarikan Kearifan Lokal

ENTAH ke berapa kalinya Polda Kalteng bersama Korem 102/Pjg dan DAD Kalteng, menginisiasi kegiatan bertajuk kebangsaan. Kali ini, peringatan HUT ke-73 RI dikemas dengan pagelaran tari-tarian khas D ... Read More