Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 04:41:57
Ketika Abrasi Tepian Sungai Kahayan Mulai Mengancam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam
Sebuah rumah kosong yang berada di Pinggir Sungai Kahayan ambruk akibat tanah longsor, Rabu dini hari (13/6). (HNI/KALTENG POS)

Rumah tua tak berpenghuni yang berada di pinggir Sungai Kahayan di kawasan Flamboyan, tiba-tiba ambruk ke dasar sungai. Tanah longsor di tepi sungai Kahayan perlu diwaspadai.

 

HANI, Palangka Raya

 

RABU (13/6) sekitar pukul 04.00 WIB, rumah kosong itu ambruk akibat pengikisan tanah pinggiran sungai, yang setiap waktu diterjang gelombang. Meski tidak ada korban jiwa, abrasi menyebabkan ambruknya bangunan tua ini perlu diwaspadai.

Untungnya, ambruknya rumah tak berpenghuni itu tidak menimpa rumah lanting di bawahnya. Namun, akibat kejadian itu, dua unit motor milik warga ikut tenggelam.

Peristiwa rumah ambruk ini sempat membuat warga sekitar heboh. Pasalnya, bunyi rumah ambruk ini terdengar hingga puluhan meter.

Dari informasi dihimpun, rumah kayu tersebut sudah beberapa tahun ditinggal kosong oleh pemiliknya. Rumah yang tidak berpenghuni ini dibiarkan dan tidak diurus, serta ditumbuhi rumput liar di sekitar rumah.

Karena tanah yang ada di pinggir bangunan mengalami longsor, maka bangunan rumah berukuran sekitar 8 x 10 meter ini ikut amblas ke dasar sungai. Ambruknya rumah tua ini, nyaris menimpa rumah lanting dan keramba milik warga yang berada di pinggir sungai.

“Nyaring (keras) mas bunyi runtuhnya. Peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba, sehingga tidak ada warga yang melihat secara langsung,” ujar Budi, warga Flamboyan Bawah sekitar lokasi kejadian. (hni/ce/abe)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 21 Jun 18


Rabu, 20-06-2018 : 02:38:56
Terseret 10 Meter, Pengantar Katering Tewas

PALANGKA RAYA- Nasib nahas dialami Yahya. Warga Jalan Sibang tersebut tewas setelah terlibat kecelakaan dengan mobil pikap di Jalan Bukit Kemint ... Read More

Rabu, 20-06-2018 : 12:30:15
MANTAP ! Cepat Tanggap, Fairid Peduli Korban Kebakaran Pasar Besar

PALANGKA RAYA-Calon wali kota Palangka Raya Fairid Naparin kembali menunjukkan kepeduliaan dan cepat tanggap dirinya atas permasalahan yang terj ... Read More

Rabu, 20-06-2018 : 08:30:06
Diduga Cekcok Sama Pacar, Tenggak Racun Hingga Tewas

KUALA KAPUAS-Kisah asmara yang dilakoni Budi Anang Wahyudi (19), harus berakhir kelam. Pemuda warga Desa Sari Makmur, Kecamatan Mantangai ini,&n ... Read More

Rabu, 20-06-2018 : 08:23:18
Waduh...! Formasi CPNS se-Kalteng Beredar, Ternyata Itu Hoax

PALANGKA RAYA-Di berbagai sosial media, informasi tentang kuota (formasi) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih beredar luas. Bahkan, melalui ... Read More