Selasa, 13-02-2018 jam, 10:32:37
DPRD Kota

Belajar Raperda PPNS

Belajar Raperda PPNS
Anggota DPRD Kota Palangka Raya bersama SOPD berfoto bersama dengan tim pansus DPRD Kota Serang Provinsi Banten, baru-baru ini. // DPRD FOR KALTENG POS

PALANGKA RAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya mendapatkan kunjungan dari tim pansus DPRD Kota Serang Provinsi Banten, pada Jumat (9/2) lalu. Kunjungan tersebut digelar dengan agenda, studi banding dalam rangka berbagi ilmu dan sharing terkait Perancangan Perda  Daerah Penyelenggaraan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (Raperda PPNS). Kunjungan tersebut disambut langsung oleh tim Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Palangka Raya, selain itu pula, di dampingi oleh perwakilan dari Satpol PP Kota Palangka Raya dan juga Inspektorat Kota Palangka Raya.

 

Anna Agustina Elsye selaku Ketua Bapemperda, yang memimpin pertemuan tersebut, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh tim Pansus Raperda PPNS dari DPRD Kota Serang, karena telah memilih Kota Palangka Raya sebagai destinasi studi banding.

 

“Walaupun kondisi kami sendiri belum memiliki Perda terkait PPNS tersebut. Namun esensi yang kami dapatkan hari ini, agar kami bisa saling bertukar ilmu, antara pihak Pemko dan dari DPRD Kota Serang,” katanya, belum lama ini.  

 

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya sebagai legislatif akan kembali mengajukan Raperda PPNS, yang dalam masa kerja periode DPRD sebelumnya pernah dicanangkan dalam Proleg berikutnya.

 

Meski saat ini, Pemko belum memiliki Perda PPNS yang berlaku. Namun dalam pelaksanaannya di lapangan, beberapa SOPD terkait telah memiliki tim PPNS, yaitu pejabat pegawai negeri sipil tertentu yang berdasarkan peraturan perundang-undangan ditunjuk selaku penyidik dan mempunyai wewenang untuk melakukan penyidikan tindak pidana dalam lingkup undang-undang yang menjadi dasar hukumnya masing-masing.

 

“Jadi, setelah kegiatan ini, kami akan segera mengajukan kembali Raperda PPNS untuk Kota Palangka Raya yang dulu pernah dicanangkan pada 2011.  Agar tim PPNS yang ada saat ini memiliki landasan hukum yang kuat dalam pelaksanaannya,” tegasnya.

 

Sementara itu, Ketua Pansus Raperda PPNS Kota Serang Agus Efendi juga menyampaikan terima kasih, atas sambutan serta segala ilmu dan masukan yang diberikan oleh anggota DPRD Kota Palangka Raya, selama kegiatan studi banding tersebut berlangsung.

 

“Kami mengakui, perlu belajar banyak dari kegiatan tersebut. Kami telah belajar banyak dari kegiatan tersebut, meskipun saat ini Pemerintah kota Palangka Raya belum memiliki Perda yang sah tentang PPNS, namun sudah memiliki tim PPNS sendiri yang bekerja sesuai tugas dan fungsinya. Ini memberikan ilmu dan informasi kepada kami untuk dapat berbagi dan dikembangkan nanti,” tuturnya. (nue/aza/iha)